Press "Enter" to skip to content

Kisah Malaikat Maut, Nabi Sulaiman dan Seorang Pemuda

Pada suatu hari, Malaikat maut menjemput Nabi Sulaiman AS, yang kebetulan di ruangan beliau ada tamu seorang pemuda. Malaikat maut senantiasa memandang pemuda tersebut. Pemuda tersebut gemetar karena ketakutan. Ketika malaikat maut yang menjelma sebagai manusia itu pergi, si pemuda itu bertanya kepada Nabi Sulaiman AS. “Siapakah gerangan tamu yang baru keluar tadi?” Nabi Sulaiman AS menjawab : “Dia itu adalah Malaikat maut.” Pemuda itu semakin ketakutan. Kemudian dia berkata : “Wahai Nabi Allah, sesungguhnya saya memohon kepada tuan agar berkenan memerintahkan angin untuk membawa saya ke China atau India.” Lantas, Nabi Sulaiman AS memerintahkan angin untuk membawanya ke China.

Sesudah itu, Malaikat maut kembali ke Nabi Sulaiman AS dan beliau bertanya kepadanya tentang sikapnya yang memandang terus menerus pemuda itu tadi. Malaikat maut menjawab : “Sesungguhnya aku diperintahkan mencabut nyawa pemuda itu hari ini di China, tetapi ia masih berada disini dan saya heran.”, Nabi Sulaiman AS lalu menceritakan kisah pemuda itu yang meminta dikirim ke China melalui angin dan aku memerintahkan angin untuk segera membawanya ke China. Malaikat maut itu berkata kepada Nabi Sulaiman : “Aku telah mencabut nyawa pemuda itu pada saat itu pula setibanya di China.”

Berkatalah maut itu, “Aku adalah maut, yang memisahkan tiap-tiap kekasih, aku adalah maut yang memisahkan suami istri, aku adalah maut yang memisahkan anak dan ibunya, aku adalah maut yang memisahkan saudara laki-laki dan saudara wanita. Aku adalah maut yang meramaikan kubur. Aku adalah maut yang memburumu dan menemukanmu, walaupun kamu berada di gedung besi yang terkunci rapat, dan tidak ada satu makhluk pun kecuali akan merasakan aku”.

Dinukil dari Kitab Daqa’iqul Akhbar karya Asy-Syeikh Abdurahman bin Ahmad al-Qadli

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.