Press "Enter" to skip to content

Makna Wahdaniyyah, Qudrah, Iradah dan Alim Beserta Dalilnya

thank-you-allah

Makna wahdaniyyah adalah sesungguhnya Allah itu Esa dan tidak ada sekutu apapun bagi-Nya. Esa yang dimaksudkan adalah Esa Dzat-Nya, bukan sifat-sifat-Nya. Dalil jika Allah maha Esa adalah andaikan Allah memiliki teman maka sungguh antara Allah dan temannya tersebut saling berselisih paham sehingga menyebabkan alam ini akan rusak. Dan andaikata Allah dan temannya tersebut saling mengalah untuk mengatur alam, maka justru akan membatalkan maha kuasa Allah. Allah berfirman : “Seandainya di langit dan bumi terdapat Tuhan selain Aku, maka bumi dan langit akan rusak. Sesungguhnya Tuhan-Mu adalah tuhan yang satu.

Makna Qudrah adalah terwujudnya segala sesuatu yang Allah kehendaki dan tidak wujudnya segala sesuatu yang tidak Allah kehendaki disebabkan oleh kekuasaan Allah. Dalilnya adalah seandainya Allah itu lemah maka Allah tidak akan mampu menciptakan seekor nyamuk sekalipun. Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu”.

Makna Irodah adalah menghendaki segala sesuatu sebelum terwujudnya sesuatu. Dalilnya adalah andaikata Allah tidak mengetahui apa yang Dia akan wujudkan, maka sungguh Allah itu lemah. Dan andaikan Allah lemah, maka mustahil Allah akan mengatur kehidupan seluruh mahkluk-Nya. Allah berfirman : “Sesungguhnya Tuhan menciptakan segala sesuatu yang Dia kehendaki dan dapat memilih sesuatu yang Dia inginkan”.

Makna Alim adalah mengetahui segala sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau maupun mengetahui segala sesuatu yang akan datang. Dalinya adalah sesungguhnya jika Allah itu jahil, maka terlalu lemah bagi Allah untuk mengatur kehidupan seluruh Alam, jika hal tersebut terjadi maka tidak ada bedanya antara Allah dengan makhluknya. Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah mengetahui segala sesuatu”.

Wallahu A’lam Bisshowab

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.